Entertainment

Solace: Kekuatan Cenayang Melawan Kegilaan

Jakcity.com-Solace

Ada sebuah perbedaan besar antara kekuatan cenayang dengan kegilaan. Itulah kira-kira yang ingin digambarkan di dalam film ini. Diarahkan oleh Afonso Poyart, Solace merupakan sebuah film thriller yang cukup gelap namun menarik dan membuat penonton berpikir, di mana Anthony Hopkins dan Colin Farrell saling beradu kekuatan untuk membenarkan prinsip masing-masing.

Hopkins yang berperan sebagai Dr John Clancy, seorang pensiunan agen khusus kepolisian yang sering membantu memecahkan kasus-kasus rumit, terpaksa harus keluar dari masa pensiunnya karena diajak kembali bertugas oleh Joe Merriweather, yang diperankan oleh Jeffrey Dean Morgan, untuk memecahkan kasus pembunuhan berantai.

Clancy yang masih terpuruk secara mental karena kematian putrinya, dihadapkan dengan kasus-kasus yang berbeda dengan yang pernah dialaminya dulu. Apalagi karena kasus-kasus kali ini, selain karena setiap kasus memiliki pola pembunuhan yang sama dan sangat rapi, Clancy berhadapan dengan pembunuh dengan kemampuan yang sama dengan dirinya, bahkan lebih. “He’s just like me. He sees things, only he’s a lot better at it,” demikian penggalan kata-kata setelah Clancy mengetahui kemampuan musuhnya.

Poyart membuat Solace berjalan dengan memainkan emosi dan pikiran penonton. Dimulai dengan bagaimana Clancy yang menyesali kematian putrinya, bagaimana sakitnya seorang ayah yang harus lebih dulu ditinggal mati anaknya. Lalu Farrell yang berperan sebagai Charles Ambrose sang pembunuh berantai. Ambrose membuat semua langkah Clancy menjadi seperti didikte oleh dirinya, yang membuat Clancy sempat putus asa dan memutuskan untuk keluar dari kasus tersebut.

Poyart juga dengan cerdasnya menempatkan Ambrose sang pembunuh, mungkin penonton sempat simpatik dengan dirinya. Ambrose yang memiliki kekuatan cenayang yang lebih kuat dari Clancy, melakukan “mercy killing” alias pembunuhan yang didasari oleh belas kasihan karena setelah diselidiki, semua korban mengidap penyakit yang mematikan dan menyakitkan. Clancy sendiri sempat terhanyut dan hampir menjadi sependapat dengan Ambrose, sebelum menyadari bahwa pembunuhan tetaplah pembunuhan.

Bagi penggemar genre thriller dan pernah menonton film Se7en, mungkin dapat mengatakan bahwa Solace memiliki kemiripan dalam segi nuansa dan alur film. Dengan kekuatan akting dari para pemainnya yang memberi tambahan nilai lebih terhadap jalan ceritanya, Solace menjadi salah satu film serial-killer thriller yang patut ditonton.