Entertainment

Si Mungil yang Melelahkan

Nikmat Tuhan mana lagi yang engkau dustakan? keindahan gunung-gunung di Indonesia memang sungguh sangat beragam, apalagi kalau kita sudah berada di atas  puncaknya. Keindahan dan keanekaragaman jenis gunung di Indonesia ini banyak sekali apabila kita ingin menikmatinya, akan tetapi seperti kita ketahui, medan-medan disetiap gunung itu ada saja rintangannya baik itu dari suhunya yang dingin / panas, bahkan track dari tiap-tiap gunung itu pun berbeda-beda dan menjadi tantangan setiap para pendaki, seperti hal nya gunung yang pernah penulis jamahi ini, yaitu Gunung Guntur (2249 Mdpl). Gunung Guntur yang berada di Kabupaten Garut ini memang tidak terlalu tinggi, dibandingkan dengan gunung-gunung yang ada disekitarannya, seperti:

1. Gunung Papandayan: 2622 Mdpl

2. Gunung Cikuray: 2841 Mdpl

Gunung Guntur bisa di kategorikan gunung yang tidak terlalu tinggi, akan tetapi simungil ini cukup membuat para pendaki bolak-balik untuk mengambil botol minumnya karena kelelahan dan kehausan akibat track dari Gunung Guntur ini yang menanjak terus ditambah kontur tanahnya kerikil kecil semua, yang menyebabkan setiap satu langkah kaki kita melangkah, setiap langkah itu pula kita merosot 3 langkah kebelakang.

Track Guntur

Di Gunung Guntur ini terdapat 3 pos yaitu:

1. Pos 1 – Curug Citiis

2. Pos 2 – Pos Bayangan

3. Pos 3 – Pamulangan

dari ke 3 pos ini kita bisa beristirahat sejenak karena di sana terdapat spot yang bisa dibilang lumayan untuk kita sekedar meluruskan pinggang sambil mengopi dan melepas penat.

IMG_1944

Setelah kita berada di pos ke 3, perjalanan belum selesai, karena perjalan masih panjang dan track Guntur semakin curam, kemiringannya mencapai 45 – 60 derajat.

IMG_1969

Setelah perjalanan yang melelahkan pastinya kalian tidak mau sia-sia begitu saja kan?. Tenang, apabila kalian sudah berada di atas puncak Gunung Guntur kalian akan disuguhi banyak sekali keindahan-keindahan alam yang ada di sekitar Gunung Guntur tersebut, mulai dari pemandangan kota Garut yang terbentang luas, kumpulan samudra awan, dan juga disisi kiri kanan Gunung Guntur tersebut kalian bisa melihat Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray berdiri gagah membumbung tinggi.

Berikut tips mendaki Guntur:

Pakai gaiter, sepatu celana panjang & jangan asal turun karena Guntur berbentuk pasir kerikil berukuran besar, licin, dan terjal.

Leave a Comment