Food

Dade Akbar, si Penggagas Gaya Makanan Warteg ala Gourmet

Kreativitas memang memberikan efek yang sangat luar biasa. Sesuatu yang dipandang sebelah mata pun bisa berubah menjadi begitu memesona jika diberikan sentuhan kreativitas. From nothing to something.

Dade Akbar, adalah salah satu orang yang memanfaatkan kreativitasnya untuk mengubah sesuatu yang terlihat biasa saja menjadi begitu menarik perhatian. Dade, begitu ia akrab disapa, mencoba menaikkan ‘derajat’ makanan warteg menjadi lebih terlihat ‘berkelas’.

Ide itu muncul karena ia bosan melihat makanan yang setiap hari ditemuinya berbentuk itu-itu saja. “Kalau makan saya suka bawa dari rumah atau beli makan, bentuknya gitu-gitu saja setiap hari. Lama-lama saya bosan. Saya pengen bikin yang lebih bervariasi dan menarik.” kata Dade saat ditemui di kediamannya di daerah Jakarta Selatan.

Akhirnya, Dade pun tertantang untuk mencoba menata makanan-makanan yang biasa dimakan masyarakat Indonesia. Misalnya makanan warteg. Namun, ia mencoba menampilkan makanan dengan gaya yang lebih menarik dan penuh estetika.

“Karena memang saya pengen yang accessible, ya makanan warteg, makanan rumah, makanan apapunlah menu saya sehari-hari gimana sih caranya supaya menarik,” ujarnya.

Saat itu Dade merasa hasil karyanya terlihat menarik. Tak jarang, Dade merasa takjub sendiri dengan hasil karyanya. Ia pun tak menyangka bahwa makanan sederhana yang dilihatnya setiap hari bisa terlihat berbeda ketika ditata dengan cara yang berbeda. Bahkan ini terlihat seperti menghasilkan sebuah makanan baru.

Sedikit merendah, ia mengaku tak punya skill menata makanan dari pendidikan formal. Kemampuannya menghasilkan tatanan makanan yang enak berasal dari kegemarannya ‘mengutak-atik’ sesuatu.

“Mungkin pada dasarnya memang saya ‘gatelan’ aja, kok ini begini ya? kok begitu ya? Kayak pengen bikin sesuatu,” tuturnya. “Kayaknya ini juga idenya cukup sederhana untuk bisa diaplikasikan. Ada tujuannya.”

Ia pun mulai memublikasikannya dalam akun jejaring sosial miliknya.”Yang lihat cuma teman-teman dekat. Komentar mereka lucu-lucu. Akhirnya mulai saat itu bikin warteg gourmet deh,” tukasnya.

Ia membuat akun Instagram warteg gourmet sejak Oktober lalu. Dalam akun itu, Dade menampilkan kreasi food styling buatannya yang menggunakan makanan warteg ala gourmet. Ia pun tak menyangka bahwa hasil kreasinya bisa mendapat apresiasi dari banyak orang. “Dari yang follow cuma sepuluh, naik jadi puluhan, naik lagi jadi ratusan, pelan-pelan naiknya, saya bisa ngerasa, oh responsnya kayak gini,” katanya. Saat ini follower akun Instagram warteg gourmet pun sudah menyentuh angka ribuan, dan Dade pun tak menyangka respons masyarakat bisa sejauh ini.

 

source : http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150116183003-262-25248/dade-akbar-si-penggagas-gaya-makanan-warteg-ala-gourmet/