Food

Sensasi Gelato Italia di Indonesia

Sensasi Gelato Italia di Indonesia

Apa itu gelato? Sebagian orang mungkin menganggap gelato sama dengan es krim atau sorbet, tapi tahukah kalian kalau ketiganya sebenarnya berbeda? Mari kita bahas satu persatu. Gelato adalah produk olahan dingin yang terbuat dari susu murni, gula, kuning telur, dan air. Dalam proses pembuatannya, gelato diaduk dengan kecepatan lambat. Adukan yang perlahan membuat teksturnya lebih padat dibandingkan makanan olahan dingin lainnya. Setelah diaduk, gelato yang hampir jadi ini dibekukan pada suhu yang lebih panas, yaitu pada suhu sekitar minus 10 derajat Celcius yang menyebabkan teksturnya tidak mudah mencair. Gelato memiliki rasa susu yang kental namun dengan kandungan lemak yang sangat rendah.

Sensasi Gelato Italia di Indonesia

Tekstur Gelato yang padat membuatnya mudah untuk dibentuk dan tidak gampang cair

Sementara itu perbedaannya dengan es krim adalah dari segi bahan baku yang digunakan. Es krim sebagaimana yang umum diketahui masyarakat merupakan makanan yang berbahan baku utama susu. Hal tersebut memang benar, namun produk susu yang digunakan merupakan produk susu bubuk atau condensed milk, dalam hal ini berbeda dengan gelato yang menggunakan bahan susu murni. Proses pembuatan es krim pun berbeda dengan gelato. Dalam pembuatannya es krim diaduk dengan cepat dan kuat sehingga menghasilkan tekstur yang lembut.

Sensasi Gelato Italia di Indonesia

Tekstur es krim lebih creamy dan mudah mencair

Sedangkan sorbet merupakan makanan olahan dingin yang sama sekali tidak mengandung lemak dan susu. Sorbet terbuat dari campuran buah dan gula. Awalnya sorbet merupakan makanan yang terbuat dari serutan es yang ditambah dengan perasa buah. Oleh sebab itulah rasa buah dalam sorbet sangat kental terasa.

Sensasi Gelato Italia di Indonesia

Sorbet dominan rasa buah dan bertekstur dari serutan es

Setelah mengetahui perbedaan antara gelato, es krim, dan sorbet, berikut ini kami rekomendasikan tempat – tempat gelato enak yang ada di Jakarta, antara lain:

  1. Ron’s Laboratory

Ron’s laboratory terkenal dengan keunikannya yang membuat gelato dari nitrogen atau yang dikenal dengan istilah molecular gastronomy gelato. Cara pengolahannya adalah dengan mencampurkan nitrogen cair dan bahan – bahan kemudian di mixer bersamaan yang akan membekukan cairan tersebut menjadi padat. Menu andalannya adalah Base with Caramel Swirl yang menyajikan es krim dengan potongan-potongan waffle biscuits yang crunchy dan saus caramel yang legit.

jakcity-rons-laboratory

Gelato Base with Caramel Swirl dengan potongan – potongan waffle ala Ron’s Laboratory

  1. Locco Gelato

Dengan desain gerai yang sangat unik dan menarik, Locco Gelato menawarkan tempat yang cozy  dan artsy  bagi konsumennya. Tidak hanya tempat makannya saja yang didesain dengan warna – warni yang cerah, gerai gelato ini juga menyediakan area khusus anak – anak bermain. Menu yang tidak boleh anda lewatkan adalah Vanilla Con Kellog. Selain rasa vanila yang kental, gelato ini juga terdiri dari serutan coklat dan sereal. Jadi saat anda memakannya akan terasa tekstur dan cita rasa lain di dalam gelato ini sendiri.

jakcity-locco-gelato

Suasana gerai Locco Gelato yang artsy dan Vanilla Con Kellog andalannya

  1. Pino Gelato

Di Pino Gelato anda akan menemukan sensasi gelato Italia yang sangat otentik dan dengan rasa yang jarang ditemui di gera lainnya di Indonesia. Sebut saja rasa – rasa buah yang biasanya menjadi ciri khas sorbet kini hadir di dalam gelato. Patut dicoba!

jakcity-pino-gelato

Rasa mint dari Pino Gelato

  1. Ilvero Gelateria

Pernah mencoba buah naga dalam bentuk lain? Nah di Ilvero Gelateria anda bisa mencoba gelato dengan rasa buah naga! Unik sekali bukan? Rasanya pun enak dan tidak terlalu manis, layak dicoba bagi penggemar gelato. Rasa ini bisa di combine dengan pilihan rasa gelato lainnya kok.

jakcity-ilvero-gelateria

Gelato rasa Buah Naga yang terasa unik di lidah

 

  1. Grom Gelato

Grom Gelato merupakan gerai gelato yang berasal dari Italia. Gerai pertamanya di Asia Tenggara ini ada di Pacific Place Jakarta Selatan. Bahan – bahan yang digunakan dalam pembuatan dikirim langsung dari pertanian yangbernama Mura – Mura. Selain itu Grom Gelato juga menawarkan modifikasi bahan baku yang ramah bagi penderita diabetes, gluten free, dan alergi kacang – kacangan. Segera datang dan nikmati sendiri sensasi gelato yang enak ini.

jakcity-grom-gelato

Sensai rasa Gelato Italia dari Grom Gelato