Food

Cemilan Sehat untuk Wanita Hamil yang Bekerja

jakcity-com-cemilan-sehat-wanita-hamil

Asupan makanan bagi wanita hamil yang sedang bekerja harus tetap diperhatikan. Karena wanita hamil harus berbagi makanan dengan bayi dalam kandungan, maka sangat penting untuk memperhatikan apa yang Anda makan ketika hamil. Konsumsi 3 sampai 5 jenis makanan sehat setiap harinya.

Saat sedang bekerja, wanita hamil bisa mengkonsumsi cemilan sehat yang mudah untuk didapatkan. Walaupun banyak yang menganggap bahwa cemilan itu tidak sehat dan dapat membuat kegemukan. Namun faktanya gizi wanita hamil juga didapatkan dari cemilan sehat.

Berikut daftar cemilan yang disarankan untuk dikonsumsi saat hamil:

Manisan Mangga

Buah mangga bisa dijadikan salah satu buah untuk rujak. Akan tetapi, jika Anda ingin membawanya ke kantor saat bekerja, Anda bisa membuat manisan mangga. Buah mangga kaya akan gizi yaitu terdapat 100 kalori. Dengan demikian, ibu bisa mendapatkan energi saat bekerja walaupun ibu sedang dalam keadaan mengandung.

Kacang Kulit

Kacang kulit sering dijadikan cemilan. Ternyata, cemilan yang satu ini sangat baik untuk dikonsumsi wanita hamil. Hanya saja, jika Anda mengalami masalah dengan protein terlalu tinggi yang bisa berakibat pada obesitas, sebaiknya Anda tidak terlalu banyak makan cemilan kacang kulit ini. Hal ini dikarenakan kandungan  protein di dalam kacang sangatlah tinggi. Namun wanita hamil tetap harus memperhatikan campuran dari kacang kulit tersebut. Sebaiknya pilih kacang kulit yang tidak diberi penyedap rasa atau bumbu.

Keripik Pisang

Buah pisang mampu menunda rasa lapar dikarenakan banyaknya kandungan kalori yang terdapat di dalamnya. Untuk menjadikan buah pisang sebagai cemilan, Anda bisa mengkonsumsi kripik pisang. Dan bagi Anda yang mengalami masalah pencernaan, bisa diatasi dengan mengkonsumsi keripik pisang. Masalah perncernaan sering dialami oleh wanita hamil karena pengaruh hormonal. Selain kalori, buah pisang juga memilki kadar serat yang tinggi sehingga mampu memperbaiki fungsi sistem pencernaan.

Almond Mentah

Almond memiliki kandungan serat yang tinggi dan juga protein serta lemak tak jenuh jika Anda mengalami masalah dengan berat badan di bawah normal saat mengandung. Selain lezat, cemilan ini juga mampu memperbaiki sistem pencernaan layaknya kripik pisang.

Jika daftar diatas masih sulit juga didapatkan oleh wanita hamil yang sedang bekerja. Jakcity.com akan memberikan daftar yang dikutip okezone.com.

Di kulkas kantor, simpan makanan-makanan ini untuk kudapan Anda:
1. Air mineral
2. Jus buah tanpa pemanis
3. Yogurt
4. Keju keras
5. Telur rebus
6. Roti gandum
7. Buah segar

Untuk menghangatkan kembali makanan seperti roti, atau telur rebus, lebih baik gunakan microwave di kantor jika ada. Memasak menggunakan microwave selain cepat, nutrisi makanan bertahan dengan baik.

Di laci meja kerja Anda, siapkan:
1. Kerupuk gandum, crispbreads, atau breadsticks, mungkin dengan biji
2. Buah kering
3. Kopi instan tanpa kafein dan teh tanpa kafein
4. Susu skim bubuk kalsium (pengganti sekaleng minuman soda)

Dalam tas Anda:
1. Roti gandum kering
2. Buah kering, kacang panggang, dan biji-bijian
3. Buah segar yang sudah dipotong-potong kecil dan taruh di boks makan yang kedap udara untuk menjaga kesegarannya. Misalnya, potongan buah apel atau melon. Buah segar adalah snack yang paling sempurna.
4. Termos kecil berisi jus tanpa pemanis atau susu
5. Permen rendah gula (untuk cemilan di keadaan darurat)

Hal terpenting untuk semua makanan yang Anda simpan dalam tas, pastikan semuanya aman dibungkus dan disegel.