Food

Makanan Khas Idul Adha

Makanan Khas Idul Adha

Hari ini umat Muslim di seluruh dunia sedang merayakan salah satu hari besarnya, yaitu Idul Adha. Idul Adha merupakan puncak ibadah Haji yang dilaksanakan oleh umat Muslim karena itulah Idul Adha dikenal juga dengan Lebaran Haji. Momen ini diperingati dengan pemotongan kurban (sapi atau kambing). Di Indonesia makanan olahan daging yang terkenal pada saat Idul Adha antara lain:

  1. Sop Kaki Kambing dan Sop Iga Sapi

Sop kaki kambing merupakan salah satu olahan daging kurban yang mudah ditemui saat Idul Adha. Selain itu makanan olahan daging yang umumnya diolah menjadi sop bening adalah sop iga sapi yang terkadang dilengkapi dengan sumsum sapi. Kedua jenis sop ini sangat enak sehingga menerbitkan air liur hanya pada saat mendengarnya saja.

Makanan Khas Idul Adha

Sop Sumsum Sapi

 

  1. Rendang Sapi

Siapa sih yang tidak kenal dengan rendang sapi? Makanan olahan daging dari Minang ini sangat enak dan digemari banyak orang. Tidak hanya menjelang Idul Adha, rendang sapi merupakan makanan favorit sepanjang masa yang mudah dijumpai di rumah makan – rumah makan Padang. Tidak hanya di Indonesia, kabar kenikmatan rendang sapi sudah mendunia, loh.

Makanan Khas Idul Adha

Rendang Padang

 

  1. Kambing Bakar Balanga khas Gorontalo

Bosan dengan makanan yang itu – itu saja? Coba deh masakan khas daerah Gorontalo Sulawesi Utara ini. Resep yang telah diturunkan secara turun-temurun ini terasa unik di lidah dengan kekayaan bumbu yang merasuk di daging. Bagi yang ingin mencoba daging bakar selain sate, mungkin dapat mencoba makanan yang satu ini.

Makanan Khas Idul Adha

Kambing Bakar Balanga khas Gorontalo

 

  1. Asam Padeh Daging

Menu yang satu ini juga merupakan menu makanan khas Minang. Bahan – bahan yang digunakan untuk membuatnya tidak sulit didapatkan dan cara membuatnya terbilang cukup mudah dan cepat. Rasanya yang unik sulit untuk dilupakan.

Makanan Khas Idul Adha

Asam Padeh

 

  1. Kari Kambing

Kari kambing juga merupakan makanan olahan daging yang hampir selalu kita jumpai saat Idul Adha. Makanan yang diadaptasi dari makanan India ini memiliki rasa yang khas. Hal ini disebabkan oleh rempah – rempah yang sangat kaya hingga menghasilkan cita rasa yang tajam dan pedas gurih.

Makanan Khas Idul Adha

Kari Kambing

 

Itulah makanan – makanan andalan yang akan kita temui saat Idul Adha, apakah menu – menu diatas sama dengan menu andalan Idul Adhamu? Jangan lupa sebelum memasak makanan olahan daging hindarkan daging dari air untuk menjaga kualitasnya. Cuci daging sesaat akan dimasak. Selain itu, untuk menghilangkan bau khas daging kambing, kalian bisa mencoba meremas – remas daging bersama timun yang dipercaya ampuh menghilangkan aroma kambing yang menusuk. Terakhir, jangan lupa perhatikan makanmu ya untuk mengontrol tingkat kolesterol setelah memakan makanan olahan daging.