Jak News

Ratusan Supir Taksi Online Melakukan Unjuk Rasa

jakcity-unjuk-rasa-supir-taksi-online

Kali ini unjuk rasa diikuti oleh ratusan supir taksi berbasis online pada hari Senin (22/08) yang dilakukan di depan gedung DPR/MPR RI. Berdasarkan berita yang dilansir oleh kompas.com, supir taksi ini menyuarakan keluhannya terkait penerapan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek.

Adapun keluhan-keluhan yang disampaikan oleh pengunjuk rasa antara lain menolak untuk melakukan uji KIR karena kendaraan mereka bukan angkutan umum dan tidak berpelat kuning, menolak pembuatan SIM A Umum dan balik nama STNK kendaraan mereka, serta menolak kewajiban menyediakan pemeliharaan kendaraan atau bengkel yang dibuktikan dengan kepemilikan atau kerja sama dengan pihak lain.

jakcity-massa-demo-pencabutan-permenhub-nomor-32

Ratusan Supir Taksi Online Melakukan Unjuk Rasa

Pengunjuk rasa dengan tegas menolak Permenhub Nomor 32 karena kebijakan ini tidak memihak pada rakyat kecil melainkan kepada perusahaan yang hanya mementingkan keuntungan perusahaan. Pengunjuk rasa ini juga kecewa karena tidak pernah diikutsertakan dalam pembahasan Permenhub tersebut.

Setelah beberapa menit berunjuk rasa, tiga perwakilan sopir taksi online masuk ke dalam kompleks DPR RI untuk menemui anggota dewan. Massa yang berada di luar terus berorasi seraya mengangkat spanduk dengan berbagai tulisan berisi tuntutan.