Fashion

Didiet Maulana : Fragmen Pra Purnama 2016 oleh Ikat Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Didiet Maulana? Desainer Indonesia yang telah banyak menuai prestasi di kancah internasional ini Sabtu lalu tanggal 20 Agustus 2016 kembali mengadakan fashion show di dalam rangkaian acara yang diadakan oleh Fimela.com. Ikat Indonesia by Didiet Maulana kali ini mengusung tema Fragmen Pra Purnama 2016. Pra Purnama sendiri berangkat dari istilah fashion yaitu pre fall. Pre fall merupakan satu musim dimana tercipta pergantian desain dari dua musim utama dalam industri fashion, yaitu musim semi/musim panas (spring/summer) ke musim gugur/musim dingin (fall/winter).

Fashion show Didiet Maulana yang bertema Fragmen terinspirasi dari kain – kain Toraja dengan sentuhan fragmen – fragmen lain. Fragmen yang berarti “bagian” benar – benar diterjemahkan Didiet ke dalam desainnya. Fragmen – fragmen tersebut tidak hanya terlihat secara visual tetapi juga dari material yang digunakan oleh Didiet yang diambil dari kain – kain tradisional daerah selain Toraja, salah satunya adalah kain tradisional lurik yang berasal dari Jawa Tengah. Kain Toraja yang digunakan dalam rancangan ini akan mudah dikenali dengan ciri khasnya yang unik yaitu didominasi oleh elemen – elemen garis dan berwarna hitam serta putih. Banyaknya inspirasi disampaikan oleh Didiet melalui desainnya dengan mengkombinasikan sebagian – sebagian kain tradisional dan ide kreatif.

Fragmen Pra Purnama 2016 oleh Ikat Indonesia by Didiet Maulana

Didiet Maulana menerima bunga dari Ibu Fitri Wiana selaku Content Director Fimela.com

Selain warna hitam dan putih, rancangan untuk Ikat Indonesia kali ini juga diberikan sentuhan warna – warna lain, seperti warna biru tua (navy blue), kuning, dan cokelat yang menunjukkan keunikan dan ciri khas masing – masing kain. Desain – desain yang sangat elegan dan menonjolkan kekuatan kain tradisional Indonesia ini hanya dibuat dalam jangka waktu yang relatif pendek, yaitu dua bulan persiapan saja. Hampir semua rancangan juga merupakan busana yang siap pakai (ready to wear) sehingga terlihat simple dan chic.

Fragmen Pra Purnama 2016 sendiri dibagi menjadi tiga segmen. Ketiga segmen tersebut dimaksudkan untuk membangun mood penonton. Dimulai dari busana yang simple dan ditutup dengan evening gown yang lebih berkesan mewah dan elegan.

Fragmen Pra Purnama 2016 oleh Ikat Indonesia by Didiet Maulana

Press Conference Fimela Fest 2016

Fashion show ini merupakan bagian dari rangkaian acara tahunan yang diadakan oleh Fimela.com dalam merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke 71. Tahun ini Fimela.com mengadakan FIMELAFest dengan Festival Fashion Kain Indonesia berupa rangkaian acara mini fashion week yang mengangkat kain tradisional Indonesia dengan menggandeng desainer – desainer ternama Indonesia, antara lain Mel Ahyar, Nina Nikicio, Stella Rissa, Didiet Maulana, dan Barli Asmara yang diadakan pada 17 – 21 Agustus 2016 di Gandaria City Jakarta Selatan. Bertemakan #WajahBaruIndonesia FIMELAFest bertujuan menampilkan hasil karya anak bangsa dalam acara yang edukatif, menginspirasi, dan memotivasi industri fashion dalam negeri.