Jak News

Besok Tayang Restorasi Film Tiga Dara

jakcity-tiga-dara-restorasi

Film klasik Indonesia kini mendapatkan perhatiannya kembali. Tahun ini, akan ada film klasik yang berhasil direstorasi dan ditayangkan pada 11 Agustus di bioskop-bioskop Indonesia. Film karya Usmar Ismail tahun 1956 siap untuk ditonton oleh pecinta film Indonesia.

jakcity-salah-satu-cuplikan-film-tiga-dara-hasil-restorasi

Salah Satu Cuplikan Film Tiga Dara

Adalah Tiga Dara yang berkisah tentang tiga gadis bersaudara yang dihadapkan pada sebuah pilihan penting. Nenek mereka berusaha mencarikan jodoh bagi si sulung, namun calon jodoh terkuat justru jadi rebutan saudarinya yang lain. Film ini dibintangi Chitra Dewi, Mieke Wjaya, Indriati Iskak, Rendra Karno, Fifi Young, dan Hassan Sanusi. Film komedi musikal ini dulu menjadi box office dan bertahan hingga delapan pekan di seluruh bioskop Indonesia.

Proses restorasi film ini pun memakan perjalanan yang panjang. SA Films selaku rumah produksi dari film ini menyatakan proses restorasi fisik di laboratorium L’Immagine Ritrovata, Bologna, Italia mulai tahun 2015. Setelah itu, proses berlanjut pada restorasi dan remastering digital yang dilakukan oleh PT. Render Digital Indonesia, yang menghasilkan berbagai resolusi, yaitu HD (high definition), 2K, dan 4K—menjadikan Tiga Dara sebagai film Indonesia pertama yang direstorasi dalam format 4K. Sesudah melalui semua proses ini, film Tiga Dara kini dapat dinikmati dengan gambar yang jernih seperti baru.

jakcity-lokasi-tayang-restorasi-film-tiga-dara

Sejumlah Bioskop yang Menghadirkan Tiga Dara

Film ini merupakan karya anak bangsa yang patut untuk dilestarikan dan diberikan perhatian lebih. Tidak hanya film ini namun film-film lainnya juga harus mendapat restorasi untuk dapat ditonton oleh kaum muda di Indonesia. Sehingga sejarah akan terus bergulir dan masyarakat Indonesia dapat mencintai karya-karya anak bangsa lainnya.

Bersamaan dengan pemutaran perdana untuk umum film hasil restorasi 4K tanggal 11 Agustus 2016, akan diadakan juga sebuah konser besar musik untuk memeringati 60 tahun Tiga Dara. Konser diselenggarakan di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki – Jakarta, dengan menampikan artis dan penyanyi yang terlibat pada pembuatan album aransemen uang lagu orisinil dari film Tiga Dara, seperti Bonita, Aimee Saras, Aprilia Apsari, Indra Aziz, Monita Tahalea, Louise Deredia, dan lain sebagainya.

jakcity-konser-tiga-dara

Konser Tiga Dara