Fashion

Bank Indonesia Menggelar Pameran Karya Kreatif Indonesia

Bank Indonesia menggelar Pameran Karya Kreatif Indonesia

Jumat dan Sabtu lalu tanggal 26 dan 27 Agustus 2016 Bank Indonesia selaku pembina industri kreatif mengadakan pameran UMKM yang bertema “Karya Kreatif Indonesia” di Balai Kartini.  Pameran UMKM ini menghadirkan koleksi kain – kain tenun, ikat dan batik serta kerajinan tradisional dari seluruh pengrajin binaan Bank Indonesia yang tersebar di Indonesia. Kita dapat menemukan kain – kain Nusantara dari seluruh Indonesia di pameran ini, mulai dari Aceh hingga Papua.

Selain pameran kain, acara ini juga berisi workshop dari penggiat kain dan desainer terkenal Indonesia seperti Ghea Panggabean dan Reni Kusumawardhani. Workshop tersebut mengenalkan tentang asal muasal batik, cerita di balik batik, cara memakai kain dengan baik, dan peragaan busana dengan kain – kain tradisional Indonesia.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai penggerak ekonomi sektor bawah dianggap memiliki peran yang sangat penting dalam roda ekonomi Indonesia.  Selain untuk mengembangkan potensi  lokal dan pelestarian citra budaya daerah, dengan pembinaan UMKM yang baik akan menciptakan lapangan kerja yang luas di Indonesia. Hal tersebut akan membantu meningkatkan ketahanan ekonomi rumah tangga negara. Info selengkapnya dapat dibaca di http://finansial.bisnis.com/read/20160826/9/578695/bi-umkm-bisa-bantu-bangkitkan-ekonomi-kala-krisis.