Food

Ichiju Sansai – Gaya Makan Tradisional ala Jepang

Makanan adalah salah satu faktor penting dalam pembentukan kultur dan identitas sebuah negara. Mulai dari bahan yang dipakai, gaya memasak yang diwariskan turun-temurun hingga tata cara makan. Kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan makanan Jepang, tetapi apakah anda sudah pernah mendengar tentang Ichiju Sansai?

 

Ichiju Sansai yang memiliki arti “satu sup dan tiga lauk” adalah gaya makan dari Negeri Sakura yang menjunjung kesederhanaan dan keseimbangan nutrisi di tiap sajiannya. Seperti yang dilihat dari namanya, ada beberapa komponen penting yang harus ada di dalam setiap sajian Ichiju Sansai, antara lain; seporsi nasi untuk sumber karbohidrat, seporsi sup hangat, seporsi lauk utama berupa sumber protein tinggi seperti ikan, tahu, telur, ayam atau daging; dua porsi kecil makanan pendamping yang biasanya berupa sayuran dan kadang dilengkapi dengan seporsi kecil acar segar.

 

Bahan makanan khas Jepang seperti miso (hasil fermentasi kacang kedelai), kecap asin dan kaldu dashi sering kali menjadi pilihan sebagai penambah cita rasa dalam menu Ichiju Sansai. Akan tetapi, bukan berarti menu yang ditawarkan menjadi membosankan! Menu yang disajikan dalam Ichiju Sansai juga bervariasi dan selalu berubah mengikuti musim. Pemakaian bahan makanan sesuai musim sangat bermanfaat karena selain kesegarannya yang terjamin, cita rasa dan kandungan nutrisinya pun optimal.

 

Semua nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan serat bisa didapat dengan pengaturan menu ala Icihju Sansai yang tepat. Porsi yang terkontrol, metode mamasak dengan sedikit minyak dan garam, pemakaian bahan sesuai musim, semua faktor tersebut menjanjikan pengalaman makan yang tak hanya sehat namun juga lezat.

 

Selain sisi modern rakyat Jepang yang selalu memberikan inovasi di berbagai bidang, mereka juga terkenal sangat kuat dalam mempertahankan sisi tradisional mereka, seperti bisa dilihat dari masih adanya gaya makan ini ditengah-tengah berlimpahnya makanan siap saji dan instan. Jadi, apakah anda tertarik untuk menerapkan Ichiju Sansai di kehidupan sehari-hari anda?