Jak News

1 Juni Libur Nasional Resmi Ditetapkan Pemerintah Dalam Rangka Memperingati Kelahiran Pancasila

Jakcity-1juni-Jadi-Libur-Nasional-Hari-Pancasila

Akhir-akhir ini Jaktizen di hebohkan dengan keputusan pemerintah tentang hari libur Nasional yang mulai ditetapkan pada tanggal 1 Juni 2016. Dan ternyata berita tersebut memang benar, pemerintah saat ini tengah mempersiapkan peraturan presiden untuk menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. Untuk selanjutnya pada tanggal 1 Juni akan menjadi hari libur nasional.

Mengenai rencana penetapan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila sudah pernah dibahas. Bahkan pembahasannya sudah sampai di tingkat 1 Eselon sampai kementerian. Rancangan Perpres juga pernah dibahas oleh Sekretariat Negara dan Sekretaris Kabinet dua bulan lalu.

Sampai saat ini peraturan presiden tersebut masih dalam tahap finalisasi dan Presiden Jokowi segera membubuhkan tanda tangan Perpres tersebut jika draf sudah selesai. Adapun tujuan penetapan tanggal 1 Juni Libur Nasional untuk memperingati hari kelahiran Pancasila supaya Pancasila tidak hanya dikenang dan diperingati saja tapi diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan bahwa Presiden Jokowi tidak ingin jika Pancasila hanya sekedar diperingati saja tapi harus bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Itulah sebabnya Hari Kelahiran Pancasila dijadikan sebagai hari libur nasional.

Diharapkan Pancasila benar-benar dilakukan oleh seluruh masyarakat bangsa Indonesia dan menjadi hasil yang nyata untuk masa depan Indonesia lebih sejahtera. Mengetahui ada rencana penetapan Hari Lahir Pancasila, Ketum PDIP Megawati Seokarno Putri sangat bersyukur.

Megawai Soekarno Putri mengaku sangat bersyukur karena Pancasila akhirnya dihormati. Bu Mega mengatakan implementasinya bisa dirayakan karena pada 1 Juni dijatuhkan hari libur nasional. Megawati menambahkan sampai saat ini Indonesia masih bersatu karena rakyat menyadari bahwa Pancasila sebagai pemersatu bangsa. (QQ)