Jak News

Bukalapak.com Menggelar Programming Contest

Jakcity-Bukalapak-Programing-Contest

Menyadari pentingnya peran programming di lingkugan bisnis era digital, Bukalapak.com memacu kompetensi bakat-bakat muda di bidangnya untuk mewujudkan sumber daya manusia UKM yang lebih baik.

 

BL-1Sejumlah mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia menjadi peserta Programming Contest yang diadakan Bukalapak.com di Plaza City View (02/02).

Bukalapak.com yakin, kunci industri digital adalah sumber dayanya. Menciptakan sumber daya berkualitas bagi industri digital adalah salah satu yang dilakukan Bukalapak.com untuk mendukung komitmennya mendoring pertumbuhan UKM di Indonesia lewat platform digital.

Melalui Programming Contest yang diadakan pada 2 Februari 2016, Bukalapak.com, menguji kemampuan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia untuk bersaing dan berkontribusi bagi dunia digital Indonesia. Acara ini berlangsung pukul 09.30 WIB hingga 17.30 di kantor Bukalapak.com dan menguji mahasiswa untuk menyelesaikan puzzle algoritma menggunakan bahasa C/C++, Java, Ruby, ataupun Python.

“Tujuan dari kompetisi ini adalah bagaimana kita bisa mendorong terciptanya sumber daya berkualitas yang mampu mengelola serta menumbuhkan teknologi di Indonesia,” tutup Hadi Saloko, Software Engineer, salah satu pembicara dalam acara ini.

Komitmen untuk mendukung ekosistem digital Indonesia lewat sumber daya ini tersirat dalam sharing session yang disampaikan oleh tiga founder Bukalapak.com, Achmad Zaky, Fajrin Rasyid, dan Nugroho Herucahyono. Ketiganya hadir untuk memberi pandangan baru bagi mahasiswa Fasilkom Universitas Indonesia tentang pentingnya sumber daya teknologi bagi Indonesia.  Rencana pemerintah Indonesia terhadap dunia digital semakin terasa, namun jumlah sumber daya yang ada justru berbanding terbalik dengan jumlah teknologi yang semakin berkembang dan bertambah banyak.

BL-2

Achmad Zaky, CEO dan C0-Founder Bukalapak.com, membuka acara Programming Contest di kantor Bukalapak.com (02/02)

Sebagai industri startup Bukalapak.com sendiri memiliki jumlah pegawai yang merupakan lulusan engineer sebesar 30% atau 80 orang dari 250 pegawai. Artinya Bukalapak.com itu sendiri memiliki kepedulian kepada lulusan engineer untuk terus berkarya dan belajar menciptakan software sendiri tanpa harus menjadi seorang konsultan IT. Mereka yakin seorang engineer yang salah satu hal yang dibutuhkan adalah passion dan keinginan untuk belajar.

“Melalui Programming Contest, kami ingin mengajak para mahasiswa untuk menantang dirinya berkontribusi bagi dunia digital Indonesia serta membantu mengatasi kesenjangan digital nasional,” ujar Achmad Zaky, CEO dan Co-Founder Bukalapak.com.

Sebanyak 50 mahasiswa dari angkatan 2012 hingga 2015 diberikan panduan tentang Golang at Bukalapak sebelum memulai kompetisinya pada pukul 12.30. Peserta yang hadir juga akan memperebutkan berbagai hadiah menarik seperti MacBook Pro, iPhone 6 & 6s, juga 2 external hardisk.

“Hasil dari kontes ini nantinya tidak akan digunakan oleh Bukalapak.com. Kami memang fokus untuk memberikan ruang ekspresi bagi mahasiswa-mahasiswa IT di Indonesia. Selanjutnya Programming Contest tidak hanya akan dilakukan Universitas Indonesia tapi akan diadakan di kampus-kampus lainnya di Indonesia,” ujar Nugroho Herucahyono, CTO dan Co-Founder Bukalapak.com.

Leave a Comment