Food

Sate Domba Khas Restoran Dapur Mamih Sateku

Satu minggu sudah kita menjalani Bulan Ramadhan, lewat dari satu minggu artinya adalah siapkan dan atur waktu untuk jadwal Bukber atau Buka Puasa Bersama.

Kemarin adalah jadwal Saya bersama kantor berbuka puasa di Restoran Dapur Mamih Sateku. Lokasinya berada di Jl. Melawai 13, No. 1, Melawai. Yaitu di dekat RSB Asih, atau tepatnya di samping Ayam Goreng Berkah. Kemarin adalah pertama kali Saya ke Restoran Dapur Mamih Sateku untuk menyantap sate kambing yang katanya super enak.

Kami tiba pukul 5 sore dan masih ada waktu 50 menit untuk menunggu Adzan Maghrib. Sambil menunggu, kami berbincang dan melihat-lihat menu yang ditawarkan. Ternyata restoran ini adalah spesialis domba bukannya kambing, dengan favoritnya sate domba celup dan sate domba tegal. Selain itu juga ada tongseng. Dan bagi yang tidak memakan domba tidak perlu khawatir karena juga tersedia sate ayam, mie goreng, nasi goreng dan lainnya.

Sate Domba Restoran Dapur Mamih Sateku

Kira-kira pukul 5.30, pelayan mulai menyajikan bumbu celup. Yaitu bawang merah iris, cabai kering yang dihancurkan, tomat potong dan irisan jeruk limo yang disajikan pada piring datar kecil. Botol kecap sudah tersedia di meja untuk kita racik sesuai selera bersama bumbu celup tadi. Waktu menunggu berbuka masih terasa dan kami pun langsung meracik.

Sebagai suguhan ta’jil, pihak restoran membagikan es buah gratis untuk seluruh pengunjung. Dan seusai menyajikan ta’jil, pesanan sate domba kami pun dihidangkan. Sate domba celup, sate domba tegal dan tongseng terhidang penuh di meja kami. Disajikan di atas hotplate, daging masih mengeluarkan asap harum seperti steak yang baru disajikan.

Akhirnya Adzan Magrib tiba, diawali dengan es buah, pilihan saya berikutnya adalah sate domba celup. Cara menikmatinya adalah dengan mencelupkan sate ke dalam racikan bumbu celup yang telah disajikan sebelumnya. Gigitan pertama sudah membuktikan dagingnya yang lembut, karena tidak sulit dicabut dari tusuknya. Dan yang menyenangkan adalah tidak ada bau prengus dari domba ini.

Satu tusuk cukup untuk mengicipi sate domba celup dan Saya langsung berpindah ke sate domba tegal. Sate domba tegal ini disantap tanpa menggunakan bumbu pelengkap lagi, hanya sate saja di atas hotplate yang bisa langsung dimakan. Dan ini adalah favorit Saya. Dagingnya sangat gurih, biarpun disantap tanpa bumbu apapun. Teksturnya sangat lembut digigit, tidak sulit terlepas dari tusuknya. Aromanya harum dan saat digigit, dagingnya sangat fresh dan juicy.

Sate Domba Restoran Dapur Mamih Sateku 2

Selain domba, saya juga mengicipi mie goreng, yang ternyata juga sangat enak. Untuk lokasi dan tempat seperti ini, harga makanan di Restoran Dapur Mamih Sateku terbilang cukup pricy. Tapi kemarin malam, seluruh tempat duduk restoran terisi penuh oleh pengunjung. Bagi penikmat daging, tempat ini tetap recommended untuk dikunjungi.

So, selamat mencoba!

Leave a Comment